LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

Bupati Bengkayang Resmikan Pujasera BKM Sebalo Permai

 


LIPUTANONE.COM - Bengkayang Kalbar Usai memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke 78 Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis didampingi istri Ny.Anita Darwis meresmikan penggunaan Pusat Kuliner Oleh-Oleh dan Kerajinan Kabupaten Bengkayang Jalan Basuki Rachmat Kelurahan Bumi Emas, Kamis (17/8/2023) pukul 13.00 Wib.


Hadir pada kegiatan tersebut Kapolres Bengkayang AKBP Teguh Nugroho beserta istri, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Transmigrasi dan Tenaga Kerja Markus Dalon, Kadis PUPR Martinus Pones, Perwakilan PRPLH Kornelius Kunek , Camat Bengkayang Hery Setiyono, Lurah Bumi Emas Melly B Marpaung, Lurah Sebalo Yulius dan para pedagang angkringan Pujasera.


Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis mengucapkan terima kasih kepada pihak Kelurahan Bumi Emas yang sudah berpartisipasi dalam program pemberian bantuan kendaraan roda tiga untuk Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara sebagai pelaku dalam pemanfaatan gedung pusat kuliner, oleh-oleh dan kerajinan atau Pujasera Bengkayang.


Kegiatan yang dilaksanakan ini sejalan dengan Visi-Misi Kabupaten Bengkayang, yakni : mewujudkan ekonomi kerakyatan yang handal, kreatif dan mandiri sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat; Serta Mewujudkan pembangunan infrastruktur yang terarah dalam arti sesuai dengan kebutuhan pengembangan aktivitas masyarakat dan merata ke seluruh wilayah Kabupaten Bengkayang, berkesinambungan dalam arti berkelanjutan dengan tahapan yang terintegrasi dan meningkatkan dan menjaga kualitas infrastruktur yang telah ada agar tetap baik.


Untuk itu saya sangat mengharapkan kepada kelompok Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Sebalo Permai di pimpin Hendro Hidayat serta Ketua Pemanfaatan dan Pemeliharaan (KPP) Elisa yang mendapat pembangunan infrastruktur tersebut, terlibat aktif dalam pemanfaatan dan pemeliharaan gedung Pusat Kuliner, Oleh-oleh dan Kerajinan BPM Livelihood, Infrastruktur serta pendampingan sosial dan ekonomi untuk keberlanjutan penghidupan masyarakat yang lebih baik di lokasi permukiman kumuh," jelasnya


Lanjut Sebastianus Darwis, sebagai dampak dari sebuah kota yang sedang berkembang adalah bagaimana mencegah dan meningkatkan kualitas kawasan kumuh agar terciptanya Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Bengkayang sangat menyambut baik adanya program KOTAKU masuk ke Kabupaten Bengkayang sekaligus juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR melalui program Kotaku dapat mewujudkan kolaborasi penanganan permukiman kumuh dari berbagai pemangku kepentingan (stakeholder).


Selanjutnya saya menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada pendamping Program Kotaku Kabupaten Bengkayang, Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Sebalo Permai Kelurahan Bumi Emas Kecamatan Bengkayang, yang sudah bekerja keras untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur dan menindaklanjuti keberlanjutan dari Kegiatan Bantuan Pemerintah Untuk Masyarakat (BPM) Livelihood Program KOTAKU Tahun 2021 di Kelurahan Bumi Emas.


Selanjutnya kelurahan, Mengorganisasikan kegiatan pemanfaatan, pemeliharaan, perbaikan dan peningkatan pembangunan prasarana, membuat laporan pertanggungjawaban kerja Pengelolaan Sarana dan Prasarana yang menjadi tanggungjawabnya, Melakukan kerjasama kemitraan dengan pemerintah Dinas/Instansi tingkat Kabupaten. Kepada OPD terkait, fokus dan rancanglah program dan kegiatan ke depan sesuai dengan fungsi masing-masing yang berhubungan dan terkait secara langsung dengan peningkatan kualitas lingkungan permukiman, kepada Camat dan Lurah lakukanlah pembinaan dan pendampingan kepada BKM dan KPP agar pekerjaan yang sudah dibangun dapat dikembangkan dan bermanfaat serta berkelanjutan," pintanya


Ia pun berharap kepada OPD terkait untuk selalu melakukan pembinaan, dapat dilakukan dengan memberikan bantuan promosi.Terkait pembiayaan untuk perkuatan modal, disarankan melakukan juga penilaian dan pengawasan kemitraan yang mungkin bisa dijalin atau bahkan sampai dengan penambahan sarana dan prasarananya. Begitu juga dengan pengelolaan persampahan, agar melakukan pengelolaan secara baik dan benar kurangi penggunaan plastik.


Program KOTAKU merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas kawasan permukiman kumuh, sebagaimana yang ditargetkan dalam RPJMN 2015-2019 dan RPJMN 2020-2024 serta untuk mendukung terwujudnya permukiman layak huni dan berkelanjutan. Sedangkan tujuan Kotaku adalah meningkatkan akses masyarakat terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar. Kegiatan penanganan kumuh ini meliputi pembangunan

lainnya. Sehingga kita dan pemerintah dapat bersama-sama membangun Kabupaten yang kita cintai ini yaitu Kabupaten Bengkayang.


Sekali lagi saya sampaikan kepada Kelurahan dan anggota BKM dan KPP, kuncinya adalah untuk memelihara dan merawat hasil kegiatan sehingga dapat bermanfaat lebih lama dan memiliki dampak terhadap peningkatan roda perekonomian dan akses social. Dan jangan lupa kepada para pelaku usaha tetap disiplin menjaga dan menegakkan protokol Kesehatan. Serta untuk dapat kreatif dalam penyajian, lakukan inovasi dan kerjasama dengan pihak-pihak terkait. Jika perlu, manfaatkan izin mikro yang dimiliki untuk mendapatkan dukungan pendanaan, ini penting, manfaatnya pun kembali pada bapak-ibu pedagang sekalian," pungkasnya


Ditempat yang sama Lurah Bumi Emas Melly B Marpaung menyampaikan,' Bangunan pusat kuliner oleh oleh dan kerajinan, diresmikan oleh Bupati Bengkayang hari ini bertempat dengan Peringatan HUT RI Ke-78  tanggal 17 Agustus 2023 pukul 13.00.


Gedung Pujasera BKM Sebalo Permai ini dipergunakan untuk membantu usaha usaha warga dalam memasarkan hasil usahanya, dan bangunan pujasera ini diserahkan langsung oleh Bupati Bengkayang kepada BKM Sebalo Permai sebagai pengelola,


Dan pada hari ini Bupati juga menyerahkan kendaraan roda 3 kepada BKM agar dapat membantu warga dlm proses pengumpulan sampah, yang berkerja sama dengan dinas PRPLH sehingga dapat mewujudkan Bengkayang Mantap," tutup Melly


Penulis : NURDIN media

Posting Komentar

0 Komentar