LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

mewujudkan swasembada pangan Danlanud Had Letkol Pnb Dion Aridito, S.T., M.M. ikut Panen Padi Bersama di Desa Setia Jaya

 


LIPUTANONE.COM - Mewujudkan swasembada pangan Komandan Lanud Harry Hadisoemantri Letkol Pnb Dion Aridito, S.T., M.M. ikut Panen Padi Bersama Forkompinda Kabupaten Bengkayang dengan Kelompok Tani Balo Banuan di Desa Setia Jaya Kec. Teriak Kab. Bengkayang Kalimantan Barat, Kamis 07 Maret 2024.

Sambutan PJ Gubernur Kalimantan Barat Bpk. Dr. Harrison, M.Kes. Luas hamparan Kelompok Tani Balo Banuan yang dipanen serentak adalah 22,5 ha, dengan produktivitas 4 ton/ha. Total lahan pertanian di Desa Setia Jaya adalah 136 ha yang setiap tahun ditanam oleh petani dengan indeks pertanaman (ip) 2 kali setahun dan tahun 2023 di tanam semua dan sudah dipanen sebagian.

Kemudian target tanam padi di Kabupaten Bengkayang pada Musim Tanam 2023/2024 seluas 20.470 Ha, luas panen 19.152 Ha dengan produktivitas 31,24 ku/ha, dan produksi sebanyak 59.837 ton GKG atau setara beras 39.295 ton. Dengan konsumsi sebanyak 84,00 kg/kap/tahun maka kebutuhan beras di Kabupaten Bengkayang diperkirakan 24.507 ton. Diharapkan Kabupaten Bengkayang pada tahun 2024 produksinya bisa melebihi kebutuhan.

Harapan besar Gubernur Kalimantan Barat terhadap para petani adalah tingkatkan produksi dengan memanfaatkan lahan yang tersedia, Tingkatkan luas panen dengan meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dan tingkatkan produktivitas tanaman melalui penerapan Intensifikasi pada setiap tahapan proses produksi hulu sampai hilir.(m.arifin)

Posting Komentar

0 Komentar