LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

Jum’at Curhat, Kali Ini Kapolres Bengkayang Bahas Pencegahan dan Penanganan Narkoba di Lingkungan Sekolah



LIPUTANONE.COM – Kepala Kepolisian Resor Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno kembali menggelar kegiatan Jum’at Curhat bertempat di Warung Bude Suryati, Jum’at (24/3/2023) pagi.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pju Polres Bengkayang, Kepala BNNK Bengkayang diwakili oleh Michael Toba beserta T. Rupina Marpaung, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Bengkayang Rudi Hartono, Kepala Dinkes KB Kab. Bengkayang Rosalina Nungkat, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Bengkayang Heru Pujiono, Kabid PP & KB Dinkes KB Kab. Bengkayang Arya H.M. Putra, Kepala SMAN 1 Bengkayang diwakili oleh Ibu Agustina Rina, Kepala SMAN 2 Bengkayang Kartina Kutis, Perwakilan SMKN 1 Bengkayang Dengi Rode, Kepala SMAN 2 Seluas Yusak Hadi Prayitno dan Kepala Biro PT Suara Media Online Suarakalbar.co.id


Dalam pembukaannya, Kapolres Bengkayang menyampaikan pada Jum’at Curhat kali ini sekaligus dijadikan ajang sosialisasi bahaya narkoba dan dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba di lingkungan pelajar atau sekolah.


“Pada Jum’at Curhat hari ini, topik kita adalah mengenai Pencegahan dan Penanganan Narkoba di Lingkungan Sekolah atau Pelajar. Ini merupakan usaha kita dalam menyelamatkan generasi bangsa dari bahayanya narkoba,” ucap Kapolres.


“Silahkan para bapak ibu sampaikan masukkan ataupun keluhan mengenai situasi kamtibmas, khususnya dalam hal ini tentang Pencegahan Dini terhadap Penyalahgunaan Narkoba di Wilayah Kabupaten Bengkayang maupun di lingkungan sekolah,” tambah Kapolres.


Dalam kesempatan tersebut, pihak BNNK Bengkayang, Michael Toba menyampaikan rasa prihatinnya, yang mana di Kabupaten Bengkayang masih banyak anak-anak terlibat penyalahgunaan Narkoba.


“Kami sangat prihatin dimana masih banyak anak pelajar yang terlibat penyalahgunaan Narkoba. Selain itu, ada salah satu peristiwa anak usia 5 tahun kami dapatkan menghirup uap bensin. Hal ini tentu menjadi tugas kita bersama dalam pencegahannya,” ujar Michael.


Menanggapi hal tersebut, menurut Kapolres dalam pencegahan dini terhadap penyalahgunaan narkoba tentu diperlukannya sinergitas antara semua pihak terkait maupun unsur masyarakat di wilayah Kabupaten Bengkayang.


Kemudian, Kepala Disdikbud Kabupaten Bengkayang, Heru Pujiono menyampaikan mengenai pencegahan penyalahgunaan narkoba yang telah pihaknya lakukan di sekolah-sekolah. Menurutnya juga ada 7 Kecamatan di Kabupaten Bengkayang yang secara khusus lebih gencar dilakukan sosialisasi dan dilakukan pembinaan melalui ranting sekolah.


“Di beberapa sekolah sudah kami rutinkan sosialisasi lagu Mars BNN dan pemasangan spanduk terkait Anti Narkoba. Selain itu dalam pencegahan narkoba di Kabupaten Bengkayang, menurut kami ada 7 Kecamatan yang secara khusus dapat lebih gencar dilakukan sosialisasi dan dilakukan pembinaan melalui ranting sekolah,” jelas Heru.


Mengenai hal itu, Kapolres sangat mengapresiasi usaha yang telah dilaksanakan pihak Disdikbud Kabupaten Bengkayang, ia juga menyampaikan bahwa 7 Kecamatan yang menjadi atensi dapat di anggarkan dalam pelaksanaan sosialisasi, “Terkait dana Desa yang mana dapat digunakan dengan elaborasi dalam pencegahan narkoba terutama 7 Kecamatan di Kabupaten Bengkayang yang menjadi atensi,” pungkas Kapolres.


Selain itu, ia juga berharap pihaknya dapat diundang pihak sekolah dalam sosialisasi anti narkoba dan jika pihak sekolah ingin melakukan razia bisa dituangkan dalam tata tertib sekolah. Dalam kesempatan itu juga, Kapolres juga berharap pihak sekolah berkenan membuat grup Whatsapp yang didalamnya tergabung pihak Polres Bengkayang.


“Silahkan bapak ibu Kepala Sekolah dapat mengundang kami dalam sosialisasi anti narkoba. Selain itu, jika razia yang dilakukan bapak ibu kepada pelajar, terkait HAM pada anak ada yang bersifat absolute dan tidak absolute, maka dari itu harus dituangkan dalam tata tertib sekolah,” kata Kapolres.


“Saya harap, bapak dan ibu berkenan membuat grup Whatsapp yang didalamnya terdapat pihak Polres Bengkayang, hal ini guna kecepatan informasi dalam penerapan intelijen di sekolah,” tambahnya.



Terakhir, Kapolres berharap dengan adanya kegiatan ini, dapat dimanfaatkan setiap pihak untuk menyampaikan masukkan, aspirasi maupun keluhan mengenai situasi kamtibmas guna mendukung Pemerintah Kabupaten Bengkayang dalam mewujudkan pembangunan Kab. Bengkayang menuju SDM Unggul Bengkayang Mantap.


Penulis : (*Kurnadi/Nurdinm)

Posting Komentar

0 Komentar