LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

MUSYAWARAH KETAHANAN PANGAN KABUPATEN ACEH BARAT TAHUN 2023

 


LIPUTANONE.COM - Pemkab Aceh Barat Resmi Menggelar Rapat Musyawarah tentang Ketahanan Pangan di Aula Ruang Rapat Bupati Aceh Barat. 


Pelaksanaan musyawarah yang membahas tentang Ketahanan Pangan di kabupaten Aceh Barat tersebut di buka langsung oleh Pj Bupati Aceh Barat, Drs. Mahdi Efendi, pada pukul 09:00.wib, dan melibatkan segenap pemangku kepentingan, yang terdiri dari unsur ,Kepala dinas Pangan  kab aceh barat,

Kepala Perum bulog cabang Meulaboh

,

Kepala BPS kab Aceh Barat,

Kabag Hukum dan Kabag Perekonomian,  Setdakab Aceh Barat, serta Kabid Distribusi Pangan.pada Rabu 26/7/23.


Tujuan Pelaksanaan musyawarah itu merupakan bagian penting dari sistem perencanaan program ketahanan pangan serta sangat krusial dalam menentukan arah pembangunan daerah khususnya di sektor pangan. 


Pj Bupati Aceh Barat Drs. Mahdi Efendi dalam Pidato Sambutannya Mengatakan, " Tetap harus  terus mendorong pelaksanaan berbagai program ketahanan pangan di kabupaten Aceh Barat. 


Untuk mewujudkan hal tersebut, "Kata Mahdi, dibutuhkan kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan di daerah unsur Forkopimda, jajaran pemerintah Kabupaten Aceh Barat, hingga segenap elemen masyarakat,"Ujarnya. 


Dalam kesempatan Itu juga "ia mengajak kepada semua pihak  untuk memperkuat komitmen serta  berperan aktif memberikan masukan dan gagasan guna melahirkan berbagai inovasi maupun program ketahanan pangan yang dapat memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat. 


"ini sangat penting karena mencari solusi dan pemecahan masalah yang berkaitan ketahanan pangan sehingga kebutuhan pangan bagi masyarakat terpenuhi sesuai kemampuannya,"terang Mahdi. 


Ia  juga menambahkan, pentingnya  pembahasan terkait isu-isu terkini masalah ketahanan pangan, mengingat pangan tersebut adalah  sebagai kebutuhan yang sangat mendasar bagi manusia dan diakui dunia sebagai  landasan hak asasi.


"Oleh sebab itu, Sambung Mahdi, masalah pangan adalah prioritas yang harus lebih diperhatikan sehingga pemenuhan bahan pangan masyarakat dapat terpenuhi sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat,"Ujarnya.


Pj Bupati Aceh Barat Itu berharap, Melalui sinergitas yang kuat berbagai program dan kebijakan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dan stabilitas harga bahan pangan kebutuhan masyarakat dapat tercapai secara optimal. 


Seperti diketehui sebelumnya , beberapa waktu yang lalu pemerintah Kabupaten Aceh Barat telah melaksanakan berbagai kegiatan Menyangkut Ketahanan Pangan. 


"Diantaranya  adalah, penandatanganan nota kesepakatan bersama antara pemerintah Kabupaten Aceh Barat dengan Kabupaten Aceh Jaya ,Aceh Barat Daya dan Nagan Raya, tentang perdagangan komoditi pangan perikanan dan pertanian. 


Penandatanganan nota kesepakatan tersebut juga meliputi kegiatan Pasar Tani, bazar pangan murah, penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan, serta rutin melakukan pemantauan harga bahan pangan. 


"Masalah pangan adalah prioritas karena apabila kebutuhan pangan tidak terpenuhi maka membawa dampak buruk bagi semua kalangan dan kami akan berupaya keras agar kebutuhan terpenuhi,"demikian Pj Bupati Aceh Barat. 



(Dedy Surya)

Posting Komentar

0 Komentar