LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

Gampong Pasi Pinang Wakili Aceh Pada Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik, Pj Bupati Apresiasi Kinerja Kominsa Aceh Barat.

 


LIPUTANONE.COM - Pemerintah Provinsi Aceh melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominsa ) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan  Gampoeng ( DPMG) lakukan verifikasi serta menentukan lima desa untuk mewakili propinsi Aceh pada Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023.


Kelima desa yang telah dilakukan verifikasi tersebut antara lain desa Bale Redelong Kecamatan bukit Kabupaten bener meriah, Gampong Pasi Pinang Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat, Desa Geulanggang Gampong Kecamatan Kota Juang Bireuen, Kuta Barat Kecamatan Sukakarya Kota Sabang, dan Desa Ie Meulee Kecamatan Sukakarya kota Sabang.


Penjabat Bupati Aceh Barat Drs Mahdi Efendi, mengapresiasi kinerja Diskominsa Aceh Barat yang telah melakukan pendampingan PPID Pelaksana hingga PPID Gampong untuk keterbukaan informasi publik. 


Hal itu disampaikannya usai mendapatkan informasi bahwa Gampong Pasi Pinang Kecamatan Meureubo berhasil masuk nominasi tingkat nasional Keterbukaan informasi Desa, di pendopo Bupati, Rabu, 30/08/23.


Menurutnya keterbukaan informasi publik ini suatu kewajiban pemerintah untuk memberikan akses yang cukup dan mudah bagi masyarakat memperoleh informasi yang diperlukan. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat ikut serta dalam pengambilan kebijakan dan mengambil keputusan yang tepat. 


Berdasarkan laporan yang ia terima dari Kadis Kominsa, Gampong Pasi Pinang telah diusulkan melalui koordinasi bersama Dinas Kominsa Aceh dan DPMG, yang menyebutkan  Gampong Pasi Pinang Kecamatan Meureubo telah memenuhi kriteria keterbukaan informasi publik tahun 2023, dimana  desa tersebut dilaporkan telah memiliki komitmen, sumberdaya manusia, dokumen, partisipasi dan akses terhadap informasi publik, "ujar Mahdi. 


Pj Bupati Mahdi juga menyebutkan tim verifikasi dari provinsi yang terdiri dari kominsa, DPMG dan KIA telah melakukan kunjungan dengan melihat langsung kondisi keterbukaan informasi publik di desa-desa tersebut," Imbuhnya. 


Atas capaian ini, dirinya meminta Diskominsa Aceh Barat terus mendampingi dan mempersiapkan segala kebutuhan untuk meraih prestasi yang lebih baik, tutup Mahdi, "pungkasnya


(DS**)

Posting Komentar

0 Komentar