LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

Irwandi Ajak Masyarakat Bersatu Bangun Gampoeng.

 


LIPUTANONE.COM - Pemilihan Keuchik Langsung (Pilchiksung) tahun 2023 telah usai dilaksanakan secara serentak di sejumlah desa dalam kecamatan di Kabupaten Aceh Barat pada  Kamis 19 Oktober, 2023.


Diketahui, Sebanyak 31 Desa di aceh barat sukses Melaksanakan pesta demokrasi di tingkat desa tersebut, salah satunya adalah, Desa Leuhan, yang turut menggelar pesta Demokrasi di tingkat desa yang di pusatkan di lokasi sekitar area Stadion lapangan Bola kaki Blang pancue Desa Leuhan,Kecamatan Johan Pahlawan, kabupaten Aceh Barat, yang berlangsung aman, tertib, dan sukses pada Kamis 19/10/23.


Sedikitnya ada enam Calon Yang ikut berkompetisi pada pemilihan Kepala desa setempat, Masing- masing ialah, Jupri, Sofyan R, Mat Ali, Irwandi, Syahrul Nawawi, dan Anwar Chaidir. 


Diketahui, dari sekian peserta kandidat yang mencalonkan  diri dalam PILCIKSUNG di desa itu, salah satunya adalah Mantan Keucik  lama pada periode 2010-2016 lalu, kemudian pada Pilciksung 2023 kali ini  Irwandi   kembali mencalonkan diri sebagai Balon ( Kepala desa) di desa setempat. 


Selajutnya pada hari pencoblosan berlangsung sejumlah masyarakat di lima dusun yang ada di desa Leuhan hadir tumpah ruah di tempat Pemilihan Suara (TPS)  dan langsung dilakukan penghitungan suara pada sore harinya. 


Di ketahui dari hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh Panitia penyelenggara pemilihan Keucik ( P2K ) disebutkan, Irwandi meraih Suara terbanyak dari Masing- masing kandidat  lainnya, dengan demikian IRWANDI dinyatakan  Sah sebagai pemenang Sekaligus Resmi Menjadi Keucik (Kepala Desa) Leuhan, Periode-2023 -2029.


Selanjutnya Usai  di gelar pemilihan pilciksung tersebut pada kamis malam Pukul, 20:30.wib, sejumlah Warga dan tokoh Masyarakat serta pemuka Agama di desa itu mendatangi Kediaman Rumah Irwandi, kedatangan sejumlah warga itu di sambut hangat oleh Pak Keucik terpilih. 


" Kami sengaja datang kesini sekadar untuk mengucapkan Selamat atas terpilihnya Saudara Irwandi Sebagai Keucik ( Kepala Desa) Leuhan, "kata Samsuar ( Waksam) salah seorang tokoh Pemuda di desa itu. 


Lebih lanjut  Waksam (48) menyebutkan, Irwandi adalah Sosok pemimpin yang dikenal baik, bijaksana dan Tegas serta memiliki jiwa Sosial kemasyarakatan yang tinggi dalam memimpin desa, "menurutnya hal itu telah dibuktikannya  pada saat Irwandi dulu pernah Menjadi kecik di Desa tersebut, pada tahun 2010 hingga 2016  lalu, " ungkap waksam. 


Hal senada juga  di ungkapkan Jamaluddin ( 57) yang juga turut serta dalam rombongan warga itu, "ia menyebutkan, bahwa Sosok Irwandi yang cerdas dan tegas, di anggap sudah sepantasnya ia memimpin desa tersebut,  selain itu juga menurut  Pria yang akrab di sapa bang Jamai itu,  Irwandi  juga mampu menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat melalui musyawarah dan mufakat serta mengambil keputusan secara adil, arif, dan bijaksana " tutur bang Jamai


" Tujuan utama kita datang kesini ialah untuk mengucapkan Selamat dan sukses kepada Saudara Irwandi,  sekaligus kita mengadakan Doa bersama dan melakukan sedikit ritual pesijuk, sebagai bentuk rasa syukur  kepada Allah SWT, terkait Pilciksung yang berjalan dengan aman dan damai di desa leuhan sesuai harapan kita semua., dengan terpilihnya Irwandi sebagai keucik yang baru, nantinya di harapkan Mampu menjalankan roda pemerintahan dengan baik dan efisien, "pungkasnya.


Di sisi lain Tgk Muktar ( 55) salah seorang pemuka Agama di desa itu sangat mengaplus sportivitas warga dan  pendukung dari  masing-masing Paslon. 


" Kalah menang dalam sebuah kompetisi itu adalah hal yang wajar dan itu bagian dari sebuah demokrasi di Indonesia," ujar Tgk Muktar. 


" Tgk  Muktar berpesan dan menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar tidak larut dengan suasana, karena tujuan utama dari Pilciksung ini bukanlah semata-mata untuk  mencari siapa menang atau siapa kalah, akan tetapi tujuan kita sesungguhnya adalah bagaimana kita bisa bersama-sama, bergandengan tangan, bahu membahu dalam membangun desa tercinta kita ini, untuk itu saya mengajak kepada kita semua, mulai hari ini mari kita tingkatkan tali silaturahim diantara sesama kita warga masyarakat leuhan dan bersatu dalam sebuah bingkai Kebersamaan demi kemajuan dan kejayaan desa kita ini,"Pungkasnya.


Sementara itu Irwandi (54) saat diwawancara usai prosesi acara Doa bersama dengan sejumlah warga pada malam itu di kediamannya, kepada awak Media mengatakan, bahwa ia sama sekali tidak menyangka kalau masyarakat menginginkan dan memberikan kepercayaan lagi  kepada  dirinya untuk memimpin desa tersebut. 


"Ya sebelumnya saya tidak berniat untuk mencalonkan diri di PILCIKSUNG desa Leuhan ini, namun karena adanya permintaan dan juga  desakan dari sejumlah warga dan tokoh- tokoh masyarakat, serta Tokoh Agama dalam desa ini, yang meminta saya untuk menjadi salah satu kandidat calon Keucik pada PILCIKSUNG di desa leuhan Periode- 2023-2029. dan lalu kemudian setelah saya pikir-pikir, akhirnya saya memutuskan untuk mendaftar diri sebagai balon Kecik dan ikut berkompetisi  bersama Lima kandidat lainnya, " ujar Irwandi. 


Irwandi juga mengungkapkan Rasa Syukur dan terima kasih yang mendalam kepada seluruh warga masyarakat atas kehormatan dan kepercayaan yang telah di amanahkan Kepadanya dan berjanji akan melaksanakan amanah tersebut sesuai tupoksi dan kemampuan yang ia miliki. 


" Sejujurnya saya tidak menyangka kalau saya bakal terpilih menjadi kecik di desa lehan Ini, dan saya sangat menghargai atas Kepercayaan yang diberikan kepada saya   Insya allah, saya akan menjalankannya dengan baik, khususnya  dalam membangun birokrasi, Infrastruktur dalam desa secara menyeluruh, dan tentunya hal ini adalah tugas berat dan bukanlah perkara gampang, namum jika dilakukan bersama- masa maka akan lebih terasa mudah," tutur Irwandi. 


Lebih lanjut Irwandi menambahkan,dalam menjalankan  Program pembangunan desa pelaksanaannya akan dilakukan melalui proses Muyawarah dan mufakat serta  melibatkan  segenap unsur masyarakat yana ada di desa leuhan.


" Sekali lagi saya ucapkan terima kasih Kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk memimpin Desa tercinta ini dan saya mengajak kepada seluruh masyarakat desa leuhan,  tanpa terkecuali , Mari bersama-Sama kita bersatu dalam kebersamaan, bahu-membahu dalam membangun desa tercinta kita ini  untuk lebih baik lagi," demikian Irwandi. 


(Dedy Surya)

Posting Komentar

0 Komentar