LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Bengkayang Tahun 2025 Berjalan Lancar.

 


LIPUTANONE.COM - Pemerintah Kabupaten Bengkayang mengadakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Bengkayang Tahun 2025. Forum Konsultasi Publik ini yang difasilitasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkayang digelar di Aula Lantai V Kantor Bupati Bengkayang pada Senin,29 Januari 2024.


Forum Konsultasi Publik ini bertujuan untuk menjaring aspirasi para pemangku kepentingan dengan tujuan untuk memperoleh masukan dan saran terhadap prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2025 mendatang.


Tahapan ini merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan sebelum diadakannya Musrembang RKPD Kecamatan, forum lintas perangkat daerah dan Musrembang RKPD Kabupaten.


Dalam arahannya, Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, SE.,MM., mengingatkan kepada seluruh jajaran perangkat daerah yang menghadiri Forum Konsultasi Publik ini untuk berfokus pada pencapaian indikator kinerja yang telah ditetapkan.


Lanjut Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis dalam sambutannya Forum Konsultasi publik yang kita laksanakan hari ini merupakan amanat dari undang-undang Nomor 25 tahun 2004 dan Permendagri Nomor 86.Sementara forum Konsultasi publik adalah,bagian dari proses penyusunan dokumen RKPD tahun 2025.


Melalui Forum Konsultasi Publik diharapkan dapat menghimpun Aspirasi pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan untuk tahun 2025 mendatang,dalam usaha untuk mewujudkan kabupaten bengkayang yang lebih maju,mandiri dan sejahtera ",Ucap Darwis.


Perencanaan pembangunan daerah dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan, Transparan, Responsif, Efisien, Efektif, Terukur,Akuntabel, Berorientasi pada hasil (Autcome) dan berbasis pada riset dengan pendekatan Money Follow Programme dan Programme Follow Results, Inovatif dan Kreatif dalam menyelesaikan Permasalahan Pembangunan,serta mendukung Sinergi Program Strategis Nasional Provinsi dan Kabupaten.


Harapannya antar Dokumen perencanaan yang disusun saat ini dapat terjaga konsistennya sesuai peraturan yang berlaku serta memastikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2025 adalah kegiatan-kegiatan yang terarah dan terencana sehingga dampaknya dapat meningkatkan kwalitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat.


Bupati Bengkayang juga menambakan dalam forum konsultasi publik rancangan awal RKPD tahun 2025 ini nantinya akan digambarkan kondisi capaian atas indikator Makro pembangunan kabupaten bengkayang. Tahun sebelumnya isu strategis prioritas pembangunan Arah kebijakan dan Indikator Makro pembangunan yang harus dicapai oleh pemerintah daerah tahun 2025,berkenaan hal tersebut", Pungkasnya.


Forum konsultasi rancangan awal ini merupakan moment yang sangat penting,karena apa yang akan digambarkan akan dijadikan pedoman,dan arah bagi setiap OPD dan termasuk juga oleh pemerintah Desa.


Selanjutnya Rancangan Awal RKPD Kabupaten Bengkayang tahun 2025 ini disusun dengan memperhatikan hasil Evaluasi target dan capaian Kinerja Pembangunan tahun 2023, diselaraskan dengan narasi RPJMP tahun 2025-2045,Rancangan RPJMP Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2025-2045,Ranwal RPJMD Kabupaten Bengkayang 2021-2026.


Oleh karena itu saya mengingatkan kepada seluruh jajaran Perangkat Daerah perlunya Inovasi-inovasi dalam pelaksanaan tugas pokok dan Fungsi Masing-masing untuk menjawab tantangan Permasalahan Pembangunan yang masih ada Seperti Kesehatan, Kemiskinan, Penanganan Stanting, Pengangguran,Peningkatan Mutu Pendidikan, Peningkatan Ekonomi Masyarakat dan lain-lain",Tegas Darwis.


Lanjut Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis sesuai dengan RPJMD Kabupaten Bengkayang tahun 2021-2026,tahun 2025 merupakan tahun pencapaian. Tahap pencapaian ini merupakan akumulasi dari berbagai hasil pembangunan yang dicapai pada tahun-tahun sebelumnya.


Sehingga Tema RKPD Kabupaten Bengkayang tahun 2025 adalah " PERTUMBUHAN EKONOMI MELALUI PEMENUHAN INSFRATRUKTUR DASAR, KWALITAS SDM,TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN" maka dari pada itu penyusunan RKPD tahun 2025 harus lebih cermat dengan memperhatikan indikator Utama masing-masing.


Tema pembangunan tahun 2025 pemerintah kabupaten bengkayang dengan mempertimbangkan beberapa permasalahan dan Isu Strategis yang sedang berkembang di daerah,Sehingga ada 7 Isu Strategis Tahun 2025 untuk memprioritaskan pembangunan diantaranya;


1. TATA KELOLA PEMERINTAHAN

2. KWALITAS SUMBER DAYA MANUSIA

3. ANGKA KEMISKINAN

4. INSFRATRUKTUR DASAR KONEKTIFITAS DAN AKSESIBILITAS

5. LINGKUNGAN HIDUP DAN KEBENCANAAN

6. KETAHANAN EKONOMI INKLUSIF DAN BERKELANJUTAN

7. KONDUSIFITAS WILAYAH


Saya nyakin dan percaya bahwa forum konsultasi publik rancangan awal,RKPD Kabupaten Bengkayang tahun 2025 ini dapat memberikan banyak masukan dalam pembangunan kabupaten bengkayang kedepannya. Untuk meningkatkan kesejahteraan yang lebih baik dan merata dengan kwalitas manusia yang lebih tinggi.


Ekonomi Nyang meningkat dan Pemerataan yang berkeadilan disemua bidang dengan berprinsip "TIDAK ADA YANG TERTINGGAL" ( NO ONE LEFT BEHIND) dan PARTISIPASI YANG BERMAKNA ( MEANINGFUL PARTICIPATION) seperti yang sedang kita lakukan saat ini.


Sebelumnya saya ingin sampaikan dengan akan dilaksanakannya Moment besar pelaksanaan pesta demokrasi dalam rangka pemilihan Presiden dan Wakil Presiden,Anggota DPR,DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 maka,Saya mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat kabupaten bengkayang untuk dapat secara Arif dan bijaksana dalam menyikapi kondisi dan Situasi Politik yang terjadi selama proses Pemilihan ini.


Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat kabupaten bengkayang jangan mudah terpengaruh oleh isu-isu dan ajakan yang sifat berusaha merusak situasi yang sudah baik dan kondusif di kabupaten bengkayang.


Kemudian saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat kabupaten bengkayang ikut Sera meramaikan dan mensukseskan pesta demokrasi dengan berpartisipasi secara aktif memberikan hak suaranya di pemilihan nantinya",Tutup Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis.




Penulis : Rinto Andreas/NURDIN MAHMUD

Posting Komentar

0 Komentar