LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

Polres Bengkayang Gelar Jumaat Curhat Bersama Pengurus PWI Bengkayang Dan Seluruh Awak Media Bengkayang.



LIPUTANONE.COM - Program Jumat Curhat Pagi terus berlanjut dan disambut baik banyak kalangan masyarakat. hari ini, giliran IPDA Saiyan selaku Kanit Pidum Sat.Reskrim Polres Bengkayang yang akan bercerita soal tentang Cayber Crime tindak pidana Informasi dan Transaksi Elektronik. Jumaat 18 Desember 2024 pagi jam 09:00 Wib.


Hal ini kami lakukan sebagai wujud keseriusan Polres Bengkayang untuk mengantisipasi dan memberikan edukasi terkait tindak pidana Cayber Crime terutama yang bermoduskan love scam yaitu yaitu penipuan yang berkedok asmara dimana pelaku melakukan korban dengan kata-kata cinta.


Selanjutnya mengiming-imingi suatu hubungan yang serius dan memanipulasi korban untuk mengirimkan sejumlah uang atau foto dan video yang sensitif untuk kemudian disimpan, disebarluaskan,dan atau dijadikan sarana untuk memeras korban",Ucap IPDA Saiyan.


Terkait TP Cyber Crime ini Polres Bengkayang ada menangani tiga kasus yang tentunya dengan modus pertama pelaku menggunakan data pribadi berupa nama, identitas,foto,dan profil milik seorang laki-laki pada sosial media yang digunakan untuk menipu korban perempuan ada yang dewas usianya dan ada yang korban yang tentunya masih usianya di bawah umur.


Kemudian pelaku menjalin hubungan yang romantis dengan korban dimana pelaku kemudian meminta foto dan video Fulgar dari si korban. Lalu pelaku memeras korban,bisa dengan meminta sejumlah uang kepada korban atau kembali meminta foto dan video Fulgar dan mengajak korban untuk ketemuan dan karena korban tidak mengikuti permintaan pelaku kemudian pelaku menyebarkan foto dan video tersebut kepada orang terdekat korban melalui media sosial.


Lanjut IPDA Saiyan terhadap beberapa kejadian tersebut Polres Bengkayang menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menghindari kejadian serupa dan hak tersebut menjadi tanggung jawab kita bersama yaitu kita mengingatkan kepada orang-orang terdekat kita bisa saudara atau teman agar.


1. Berhati-hati dalam mengunggah foto,video,maupun kata-kata dimedia sosial;

2. Kenali dengan baik identitas orang yang dikenali di Dunia Maya;

3. Tidak mudah terpancing untuk mengirimkan uang,foto atau video khususnya bersifat pribadi atau sensitif;

4. Maupun identitas pribadi:

5. Berikan edukasi dan pengawasan terkait bijak bermedia sosial kepada anak, keluarga,teman ataupun orang terdekat lainnya;

6. Segera hubungi dan lapor kepada pihak berwajib apabila, mengetahui,menemui ataupun menjadi korban dan dugaan tindak pidana Cayber Crime.


Yulizar Ketua PWI Kabupaten Bengkayang menyampaikan dimana saat banyak peristiwa- peristiwa yang menurut kita sangat merugikan masyarakat di Media Sosial Facebook, Instagram, Twitter dan masih banyak media sosial lainnya banyak sekali modus-modus yang terjadi.


Mudah-mudahan dengan kejadian-kejadian yang ada khususnya diwilayah Hukum Polres Bengkayang dapat diatasi dan para pelakunya diharapkan sesuai hukum yang berlaku harus ditindak. Dan kepada teman-teman Media apa yang disampaikan Kanit Pidum Satreskrim Polres Bengkayang tadi dapat menjadi perhatian kita bersama khususnya kawan-kawan Media yang wilayah Tugasnya di Kabupaten Bengkayang",Tungkas Yulizar.


Fransiskus Asok Wartawan Bengkayang juga mengatakan terkait dengan Media Sosial atau Cyber Crime yang banyak dikonsumsi masyarakat luas ini tentunya sangat-sangat berbahaya sekali,dimana saat ini anak-anak kita banyak menggunakan HP dalam hal ini banyak sekali yang terjadi seperti di Facebook dan yang paling berbahaya yaitumedia sosial  Facebook kebanyakan akun yang gunakan akun palsu yang tidak mudah untuk qdikenal",Tegas Asok.


Asok juga menambahkan kita akan berusaha untuk bisa membantu dari Pihak Kepolisian agar menjaga regenerasi kita,karna sekarang sungguh luar biasa dengan adanya sistem tekhnologi justru yang menguasai kebanyakan masih usia remaja,dewasa terlebih-lebihnya ada usia yang masih anak-anak,maka dari itu kita akan bangun sosialisasikan kepada anak-anak kita yang menjadi kedepannya akan menjadi regenerasi kita",Kata Fransiskus Asok.


Kami dari Kepolisian khususnya Polres Bengkayang mengucapkan terima kasih kepada para rekan-rekan Wartawan dan Pengurus PWI Kabupaten Bengkayang yang telah berkenan hadir menghadiri kegiatan Jumaat Curhat ini,semoga selalu dapat terjalin hubungan yang baik antara Pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Bengkayang dengan rekan-rekan awak media",Tutup Ipda Saiyan.




Penulis :  Anselmus beserta TIM

Posting Komentar

0 Komentar