LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

Wakil Ketua DPRK Aceh Barat Tinjau Daerah Aliran Sungai Tersumbat Di Kecamatan Samatiga

 


LIPUTANONE.COM - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat baru-baru ini melakukan kunjungan ke Dusun Blang Balee Desa Coet Seumeureng, dan  Desa Ujong Nga, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, untuk meninjau kondisi daerah aliran sungai (DAS) yang mengalami sumbatan.Senin, 29/1/24.


Kondisi tersebut telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan warga setempat, mengingat potensi banjir dan dampak negatif lain yang mungkin terjadi.


Selama kunjungan, Wakil Ketua DPRK Aceh Barat,H,Kamaruddin,S.E., berdialog dengan masyarakat dan Geuchik setempat, untuk memahami situasi lebih dalam serta mengidentifikasi solusi jangka pendek dan jangka panjang. 


Ia menekankan, pentingnya penanganan segera terhadap masalah sumbatan di sungai untuk menghindari risiko bencana banjir yang dapat merugikan warga dan lingkungan.


Wakil Ketua DPRK Aceh Barat juga berkomitmen untuk berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan instansi terkait untuk mengalokasikan sumber daya yang diperlukan dalam penanganan masalah ini. Termasuk di dalamnya adalah upaya pembersihan sungai dan pembangunan infrastruktur yang lebih baik untuk mengelola aliran sungai.


Sementara itu, Kepala desa (Geuchik) Cot Seumeureng, Nurdin, Sangat berharap Perhatian dari pemerintah, dalam hal penanganan Aliran Sungai DAS yang tersubat. 


" Memang sumbatan itu sudah lama terjadi diakibatkan banyaknya tumbuhan liar yang tumbuh di sepanjang aliran sungai tersebut dan kami bersama masyarakat juga sudah pernah melakukan gotong royong tetapi tidak maksimal, " Ungkap Nurdin. 


Lebih lanjut dikatakan,penyumbatan itu disebabkan oleh berbagai faktor, seperti besarnya skala penyumbatan, keterbatasan alat atau sumber daya, dan masalah yang lebih besar terletak di hulu sungai.


" Untuk mencapai hasil yang lebih efektif, mungkin perlu dilakukan pendekatan yang lebih terstruktur, melibatkan pihak berwenang atau ahli lingkungan, dan menerapkan solusi jangka panjang untuk mencegah penyumbatan berulang, " Ujarnya. 


Selanjutnya, Kepala desa Cok Seumeureung, mengucapkan terima kasih atas kunjungan H. Kamaruddin, Selaku Wakil Ketua DPRK Aceh Barat,yang meninjau langsung daerah aliran sungai yang tersumbat. 


" Kunjungan seperti ini, menunjukkan perhatian dan dukungan dari pemerintah daerah terhadap keluhan warga, terutama yang berkaitan dengan lingkungan dan infrastruktur di Desa Cot Seumeureung, " Pungkasnya. 


Diketahui, Kehadiran pejabat tinggi dapat membantu dalam menarik perhatian lebih luas terhadap masalah tersebut dan mungkin mempercepat proses pencarian solusi. Selain itu, kunjungan tersebut juga dapat menjadi kesempatan untuk mendiskusikan dan merencanakan strategi penanganan masalah yang lebih efektif, termasuk mendapatkan dukungan sumber daya atau teknis dari pemerintah daerah atau pusat.




(Dedy Surya)

Posting Komentar

0 Komentar