LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

Gubernur Sumbar&Ketua DPRD Kabupaten pesisir Selatan juga Bupati sampaikan terima kasih, kementrian PUPR bersedia membantu perbaikan seluruh prasarana umum terdampak bencana 12 Maret 2024.

 


LIPUTANONE.CO.ID - Pesisir Selatan Mentri Pekerjaan Umum Perumahaan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan pihaknya akan membantu perbaikan prasarana umum yang rusak akibat banjir bandang dikabupaten Pesisir Selatan,Sumatera Barat (SUMBAR).Hal itu diungkapkannya saat mengunjungi lokasi terdampak banjir bandang di Pesisir Selatan,Rabu 13 Maret 2024.

 

Saya bertanggung jawab untuk prasarana umum yang terdampak,kalo ada jalan ,jembatan,kantor,sekolah dan fasilitas umum rusak,itu tanggung jawab kementrian PUPR*ucapnya.


Terhadap permungkiman warga yang rusak,menurut Basuki,perbaikannya menunggu laporan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB),sebab ada yang katagori rusak ringan,sedang,hingga berat,perbaikannya bisa dibantu stimulan untuk yang rusak ringan dan sedang

Kalo yang berat bisa dibangunkan kembali.tentu untuk itu kita perlu menunggu pendataan dari BNPB*ucapnya.


Kemudian terkait material banjir bandang yang menutupi akses jalan ditargetkan rampung dalam sepekan.kemudian juga akan dilakukan penguatan tebing-tebing disungai.kita kerjakan dulu agar akses bisa pulih.tentang berapa biaya perbaikannya,kami belum hitung.kita kerjakan dulu,nanti kan di audit juga sama badan pemeriksa keuangan dan pembangunan ungkapnya.


Pada kunjungan itu Mentri Basuki menyampaikan dua kemungkinan pemicu banjir bandang di pesisir selatan,pertama dugaan adanya illegal loging,lalu yang kedua dipicu oleh hujan ekstrem yang tidak mampu ditampung.

Kondisi geografis juga sangat berpengaruh,tebing lalu jalan dan langsung kesungai,luncuran airnya cepat,tapi sebetulnya hutan di Sumatera Barat ini lebih baik dari daerah lain.dulu saya meninjau sebelum banjir,airnya bening, pasti cafchment areanya baik.tapi saya curiga galofo atau banjir bandang ini ada dua kemungkinan,ada ilegal loging diatas atau karena  ada curah hujan yang ekstrem*ucapnya.


Sementara itu Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah yang ikut mendampingi Mentri Basuki mengatakan,Pesisir Selatan merupakan daerah yang terdampak parah banjir bandang.tercatat ada 74 ribu jiwa sempat mengungsi akibat hujan ekstrem pada Kamis 7 Maret 2024 lalu.


Tidak hanya permungkiman warga yang terdampak,akses jalan Nasional juga sempat terputus karena jembatan rusak.kami berterima kasih Kementrian PUPR dan jajaran balai di daerah merespon ini dengan cepat.


Hari ini seluruh akses sudah bisa dilalui meskipun perbaikannya masih bersifat darurat.beberapa pekan kedepan pak Mentri menjanjikan bisa selesai dengan kondisi yang lebih baik*ucapnya.


Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD)kabupaten Pesisir Selatan,ada sebanyak 23 orang korban meninggal dunia dan 6 orang korban berstatus hilang atau masih dalam pencarian dan 74 ribu masyarakat sempat mengungsi akibat banjir bandang dan longsor yang melanda daerah tersebut.


Kemudian jumlah rumah yang berstatus rusak berat mencapai 866 unit ,rusak sedang 139 unit,dan rusak ringan 579 uni.selain itu,juga ada 16 buah jembatan tidak,total jalan terban totalnya mencapai 355 meter,sehingga total kerugian di Pesisir Selatan Rp.213 miliar.*almalik

Posting Komentar

0 Komentar