LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

19 Tahun Tsunami Aceh Warga Ujung Kakak Gelar Doa Bersama dan Tadarus

 


LIPUTANONE.COM - 26 Desember adalah hari yang paling bersejarah bagi masyarakat Aceh. Pada tanggal tersebut tahun 2004, Aceh dan wilayah sekitarnya mengalami bencana alam yang sangat dahsyat yaitu Gempa Bumi dan Tsunami. 


Dalam peristiwa Tragis tersebut mengakibatkan ribuan nyawa melayang dan banyak kerusakan infrastruktur di sejumlah wilayah pesisir Aceh. 


Pada saat pasca tragedi memilukan tersebut, masyarakat Aceh menunjukkan ketahanan dan semangat untuk bangkit kembali. Bantuan dari dalam dan luar negeri pun mengalir ke Aceh dan proses rekonstruksi dan rehabilitasi dimulai. Hari ini, Aceh telah pulih dari bencana itu dan menjadi contoh yang menginspirasi dalam pengelolaan bencana  alam.


Di Meulaboh Aceh barat, peringatan hari Tsunami yang ke 19, diwarnai dengan melantunkan  Ayat-ayat Suci Alqur'an dan Doa bersama yang di pusatkan di Desa Ujung Kalak. 26/12/23.


Kegiatan Tersebut di gelar di Meunasah Al-Iklas lingkungan 1 (satu) Desa pasir Ujung Kalak kecamatan johan Pahlawan kabupaten Barat, dihadiri oleh sejumlah warga dan tokoh- tokoh  Masyarakat, aparatur desa, serta pemuka agama desa setempat


Kepala Desa Ujung kalak  Muhammad Ali mengatakan, kegiatan doa bersama tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai  wujud kepedulian sesama terhadap korban dalam tragedi Tsunami. 


" Doa bersama ini di lakukan bertujuan untuk mengenang para korban, khususnya warga Ujung kalak, sekaligus  mengirimkan doa kepada Almarhum -Almarhumah kerabat yang telah mendahului kita dalam Tragedi Gempa bumi dan Tsunami  yang terjadi pada 26 Desember 2004 Silam,"Ujar Kecik Ujung Kalak. 


Lebih lanjut Ali menambahkan kegiatan rutin yang di laksanakan setiap akhir tahun setiap tanggal 26 di bulan Desember itu merupakan wujud kepedulian terhadap sesama insan dan hal itu menurutnya merupakan cara yang baik untuk merenungkan kekuatan alam yang luar biasa. 


"Kita berharap dibalik Musibah Tsunami itu dapat menjadi pengingat bagi kita semua akan kebesaran Tuhan yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Pemurah. dan semoga amal ibadah  para korban diterima dengan baik di sisi-Nya dan diberikan tempat yang mulia di surga-Nya, aamin, " pungkas Ali. 


Sementara itu keplor lingkungan (1) satu Desa Ujung kalak Darwan selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih  kepada donatur yang telah mendukung terlaksananya acara peringatan Tsunami Yang Ke 19 di desa Ujung kalak kecamatan jambalawan kabupaten Aceh Barat. 


"kami atas nama aparatur desa mengucapkan terima kasih yang tak terhingga khususnya  kepada Geuchik ujung kalak dan juga donatur serta kepada  seluruh Warga masyarakat yang telah berkontribusi serta mendukung terlaksananya Acara ini sesuai yang kita harapkan , "Ungkap Darwan. 


Darwan Yang di dampingi Ketua umum Pemuda desa ujung kalak Teuku Adi Safrawan, menambahkan, selain doa bersama  peringatan Tsunami  juga di isi dengan pengajian tadarus hingga pagi hari.


"Melalui pengajian tadarus ini semoga bencana seperti Tsunami  tidak akan pernah terjadi lagi di masa depan, dan kita semua diberikan perlindungan dari segala bentuk bencana alam yang mungkin terjadi, "demikian Darwan


( D )

Posting Komentar

0 Komentar