LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

Aparatur Pemerintahan Pekon Tembakak Way Sindi Menyalurkan BLT-DD Tahap Pertama Tahun 2024.

 


LIPUTANONE.CO.ID - Pemerintah Pekon Tembakak Way Sindi, Kecamatan Karya Penggawa, Kabupaten Pesisir Barat, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap 1 tahun 2024 kepada 21 keluarga penerima manfaat. 

Pembagian bantuan ini dilakukan di Balai Pekon setempat pada Selasa, 30 April 2024. Yuzwadi selaku peratin, menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk membantu keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak secara ekonomi. 

Bantuan ini diberikan kepada keluarga penerima manfaat miskin ekstrim dengan jumlah nominal Rp900 ribu per KPM untuk 3 bulan, yaitu Januari, Februari, dan Maret, dengan besaran Rp300 ribu per bulan.

Dalam penjaringan penerima manfaat, dilakukan musyawarah desa dan penetapan yang sesuai dengan kriteria miskin ekstrem menurut Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2023. 

“BLT-DD diarahkan untuk dialokasikan maksimal 25% dari dana desa sesuai dengan fokus penggunaan dana desa tahun 2024,” kata dia. 

Peratin juga menyampaikan harapannya agar bantuan ini dapat meringankan beban ekonomi keluarga penerima manfaat miskin ekstrem di Pekon Tembakak Way Sindi. 

Peratin berharap agar bantuan tersebut dapat digunakan dengan bijak untuk kebutuhan sehari-hari.Penyaluran BLT-DD tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Camat Kecamatan Karya Penggawa, Pendamping Desa, Lembaga Himpunan Masyarakat Pekon (LHP), Babinkamtibmas Polsek Karya Penggawa, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan penerima manfaat setempat.

Bantuan ini merupakan langkah konkret pemerintah setempat dalam mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi dan situasi sosial ekonomi yang sulit bagi keluarga miskin.

Diharapkan bantuan tersebut dapat memberikan manfaat yang besar bagi mereka yang menerimanya.


(NILA)

Posting Komentar

0 Komentar