LIPUTAN ONE

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE "LIPUTAN ONE"

Kupas Biografi Leonardy Harmainy: Sosok yang Memiliki Komitmen

 


LIPUTANONE.CO.ID - Membincangkan biografi seorang tokoh yang dianggap penting oleh masyarakatnya, memang tiada habisnya. Tiga jam lebih, enam pembicara mengupasnya menjadi tidak cukup. Apalagi puluhan audiens yang datang ke acara Kupas Biografi “Pengabdian Tak Bertepi Seorang Leonardy Harmainy” juga antuasias untuk berbicara. Tentu hanya segelintir yang beroleh kesempatan mengungkapkan ketokohan Bang Leo.


Leonardy yang lahir 7 September 1956 memiliki tiga dimensi ketokohan, kata Prof Sufyarma Marsidin. Saat hantaran kata pada pembukaan acara, Prof Sufyarma menjelaskan ketiga dimensi; aktivis, politisi, dan pengusaha, yang dimaksudnya.


“Berbagai organisasi sudah ditekuninya sejak muda hingga kini. Leonardy Harmainy Datuk Bandaro Basa juga niniak mamak karena dia seorang pemangku adat, seorang datuk. Dan sebagai pengusaha konstruksi pun ia terbilang sukses,” kata Prof Sufyarma, Rabu (10/7/2024) di Hotel Daima Padang.


“Semua itu membuktikan, Leonardy memiliki keseriusan dan komitmen yang kuat dalam setiap pekerjaannya dan organisasi yang digelutinya. Dan kita layak memberikan ruang bagi Leonardy untuk tetap berkiprah di kancah nasional,” ungkap Prof Sufyarma.


Setelah baca puisi, pembicara seperti Tarma Sartima (Dekan Fisipol Unes), Syafruddin Arifin (Penyair), Firdaus Ilyas (Waketum PB Lemkari), Nisfan Jumadil (Waka I MPW Pemuda Pancasila) dan Fajar Rusvan (Biografis/Penulis), tampil dipandu Isa Kurniawan, Koordinator Kapas (Komunitas Pemerhati Sumbar).


Dekan Fisipol Unes, Tarma Sartima mengungkapkan bahwa, Kuliah Sabtu Minggu yang ada di Universitas Ekasakti (Unes) merupakan ide Leonardy, kemudian juga perubahan dan penyempurnaan gelar sarjana yang ada di Unes. “Itu beberapa gagasan yang diwujudkan Leonardy sebagai salah seorang alumni Unes. Sekarang kuliah sabtu minggu itu kita majukan menjadi Kuliah Jumat Sabtu, yang digunakan oleh mahasiswa untuk percepatan perkuliahannya,” tutur Tarma.


Leonardy yang berhalangan hadir karena sedang berada di Malaysia, memberikan sambutannya melalui rekaman video, mengucapkan terima kasih atas kehadiran rekan-rekan dan tamu undangan pada gelaran diskusi kupas biografi tentang dirinya.


“Saya mengucapkan banyak terima kasih pada undangan hadir, kita harus tetap semangat guna memperjuangkan Sumbar lebih baik ke depannya,” ujar Leonardy.


Acara ini dihadiri berbagai organisasi kepemudaan (OKP) seperti Pemuda Pancasila, Ansor, juga budayawan, para tokoh, wartawan, serta mahasiswa. Selain para narasumber, tamu undangan pun berkesempatan menyampaikan kiprah dan sepak terjang Leonardy, berbuat dan berjasa baik pada organisasi mereka maupun bagi masyarakat Sumbar.


Seperti diketahui saat ini, Leonardy Harmainy adalah Ketua Badan Kehormatan (BK) DPD RI. Dan pada 13 Juli 2024 mendatang, ia kembali akan bertarung dalam pemilihan suara ulang (PSU) calon DPD RI asal Sumbar.

Posting Komentar

0 Komentar